Arofah

Umroh

Salah satu tempat yang sakral dalam pelaksanaan ibadah haji adalah Arofah. Dimana pada setiap musim haji seluruh jamaah haji pada tanggal 9 zul hijjah berkumpul di Arofah guna melaksanakan salah satu rukun hajinya yaitu wuquf di Arofah. Nabi Sallallahu alaihi wasalam bersabda :

الْحَجُّ عَرَفَةُ

Haji itu adalah wuquf di Arofah ( H.R. At Tirmidzi )

Arofah merupakan hamparan padang pasir yang tandus pada lalu, namun sekarang telah tumbuh pohon – pohon kecil yang sengaja ditanami oleh Pemerintah kerajaan Arab Saudi. Adapun letaknya adalah disebelah Tenggara Masjidil Haram diluar batas tanah haram, dengan jarak tempuh lebih kurang salah 22 km dari Masjidil haram. Adapun satu satu masy’ar dalam berhaji  ini diperkirakan luasnya lebih kurang 10.4 km2. Di mana pada setiap musim haji ditempati oleh seluruh jamaah haji yang datang dari seluruh penjuru dunia.

Tempat ini dinakan dengan Arofah adalah bahwa dalam salah satu pendapat dikarenakan ditempat inilah terjadi peristiwa bertemunya nabiullah Adam Alaihissalam dengan Isterinya Ibunda Siti Hawa, setelah berpisah dalam waktu yang cukup lama sejak mereka diturunkan dari surga. Arofah artinya mengetahui, mengenal ataupun suatu pertemuan dengan arti yang lebih luas.

Hari Arofah yang jatuh pada setiap tanggal 9 Zul Hijjah memiliki keistimewaan di sisi Allah azza wajalla, dimana Rasulullah sallallahu alaihi wasallam menyebutkan dalam beberapa hadits beliau, diantaranya :

مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ فِيهِ عَبْدًا مِنَ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ، وَإِنَّهُ لَيَدْنُو ثُمَّ يُبَاهِى بِهِمُ الْمَلاَئِكَةَ فَيَقُولُ: مَا أَرَادَ هَؤُلاَءِ

Artinya : “ Tidak ada hari di mana Allâh robbul izzati membebaskan hamba-Nya dari neraka lebih banyak dari pada hari Arafah, dan sungguh Dia mendekat diri-Nya lalu membanggakan mereka di depan para malaikat dan berkata: Apa yang mereka inginkan?” ( HR. Muslim )

Pada hadits yang lain Rasulullah sallallahu alaihi wasallam, bersabda :

خَيْرُ الدُّعاءِ دُعاءُ يَوْمِ عَرَفَةَ، وَخَيْرُ مَا قُلْتُ أَناَ وَالنَّبِيُّوْنَ مِنْ قَبْلِيْ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Artinya : “Sebaik-baik doa adalah doa hari Arafah, dan sebaik-baik ucapan yang aku dan para nabi sebelumku ucapkan adalah La ilaha illallah wahdahu la syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wahuwa ‘ala kulli syaiin qadir.” ( HR. At Tirmidzi ).

Bagi para jamaah haji yang akan melaksanakan wuquf di Arofah, disunnahkan memperbanyak talbiyah, takbir, tahmid , tasbih dan tahlil serta berdoa kepada Allah azza wajalla dalam perjalanan mereka. Sabda nabi Sallallahu alaihi wasallam :

غَدَوْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- مِنْ مِنًى إِلَى عَرَفَاتٍ مِنَّا الْمُلَبِّى وَمِنَّا الْمُكَبِّرُ.

Artinya : “Kami berangkat di waktu pagi bersama Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam dari Mina ke Arafah, di antara kami ada yang bertalbiyah dan ada yang bertakbir”. ( HR. Muslim )

Konsultasi