Keistimewaan Masjid nabawi

  • Masjid nabawi al munawwarah adalah Masjid yang dibangun langsung berdasarkan inisiatif dari Nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam atas dasar taqwa kepada Allah azawajalla. Dibangun bersama – sama para sahabat dari kaum Anshor dan kaum Muhajirin di atas tanah yang didapatkan dengan cara sangat baik.

  • Masjid nabawi adalah salah satu Masjid yang sangat dianjurkan bagi kaum muslimin untuk mendatanginya dengan bersahaja. Pada zaman dahulu kaum muslimin masih sebatas di wilayah jazirah Arab, namun sekarang kaum muslimin sudah menyebar di seluruh penjuru bumi ini, dimana kaum muslimin sangat antusias untuk berdatangan ke Masjid nabawi al-munawwara. Hal ini adalah dikarenakan menjalan sunnah nabi besar Muhammad sallallahu’alaihi wasallam. Anjuran mengunjungi Masjid nabawi dengan cara bersahaja, sebagaimana termaktub dalam hadits nabi besar Muhammad sallallahu alaihi wasallah, dengan bunyinya, yaitu :

لاَ تُشَدُّ الرِّحَالُ إِلاَّ إِلَى ثَلاَثَةِ مَسَاجِدَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ ، وَمَسْجِدِ الرَّسُولِ – صلى الله عليه وسلم –وَمَسْجِدِ الأَقْصَى

Artinya : Tidaklah seseorang dengan bersahaja melakukan perjalanan kecuali perjalanan yang bertujuan ke tiga masjid, yaitu ke Masjidil haram, Masjid Rasul ( Nabawi ), dan Masjidil Aqsho (HR. Bukhari dan Muslim )

Perjalanan yang bersahaja adalah suatu perjalanan yang direncanakan dengan baik. Yaitu persiapan kesehatan, persiapan bekal, meluangkan waktunya dan yang terpenting adalah mempersiapkan mentalitas keimanan ketika akan berziarah ( melakukan perjalanan ) ke Masjid – Masjid sebagaimana disebut di atas.sholat

  • Melaksanakan sholat dalam Masjid nabawi al munawwarah dilipat gandakan fahala oleh Allah subhanahu wata’ala. Sebagaimana sabda nabi besar Muhammad sallallahu alaihi wasallam, yaitu :

صَلاَةٌ فِى مَسْجِدِى هَذَا خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ إِلاَّ الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ

Artinya : “Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih baik dari 1000 shalat di masjid lainnya selain Masjidil Harom.” (HR. Bukhari dan Muslim )

Dalam matan hadits lainnya disebutkan, sebagai berikut, yaitu :

صَلاَةٌ فِى مَسْجِدِى أَفْضَلُ مِنْ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ إِلاَّ الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ وَصَلاَةٌ فِى الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ أَفْضَلُ مِنْ مِائَةِ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ

Artinya : “Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih utama daripada 1000 shalat di masjid lainnya selain Masjidil Harom. Shalat di Masjidil Harom lebih utama daripada 100.000 shalat di masjid lainnya.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah )

  •  Dalam Msjid nabawi al munawwara terdapat roudhah, dimana suatu tempat yang istimewa ya’ni nabi menyebutkan sebagai salah satu dari taman surga. Alangkah berbahagia bagi setiap orang atas dasar keimanannya bila mendapatkan kesempatan untuk berada di taman surga tersebut. karena sudah tentu akan memiliki keistimewaan – keistimewaan dari Allah rabbul izzati. Nabi besar Muhaammad sallallahualaihi wasallam bersabda, tentang status raudhoh ini, sebagai berikut :
مَا بَيْنَ بَيْتِي وَمِنْبَرِي رَوْضَةٌ مِنْ رِيَاضِ الجَنَّةِ

Artinya : “Tempat yang terletak diantara rumah saya dan mimbar saya adalah salah satu di antara taman taman surga [ HR. Bukhari dan Muslim )

  • Disamping Masjid Nabawi juga terdapat pemakaman, Nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam, Abu Bakar Siddiq, Umar ben Khothab. Lalu di Bagi’ terdapat pemakaman Sayyidina Usman ben Affan, Pemakaman Siti Fathimah Azzahra ( Putri Nabi ) dan pemakaman keluarga nabi serta para sahabat – sahabat nabi lainnya, ulama dan sholihin ahlul Madinah.

Bagi setiap mukmin yang mengunjungi nabawi al munawwah juga dapat berziarah ke pemakaman – pemakaman tersebut dalam rangka meningkatkan keimanan kepada Allah subhanahu wata’ala.

Panduan Ibadah

Konsultasi agama dan hukum