Masjid Sulaimania

Salah satu obyek wisata di Istanbul Turki adalah Masjid Raya Sulaimaniah, yaitu salah satu masjid yang terbesar dan termegah di Kota Istanbul Turki, yang dibangun pada tahun 1550 pada masa pemerintahan Sultan Sulaiman.

Keunikan yang dimiliki Masjid Sulaimaniah adalah terlihat perpaduan antara kebudayaan Islam dan Byzantium. Pengaruh dua kebudayaan antara Islam dan Byzantium demikian terlihat pada arsitek bangunannya, misalnya terlihat pada kubah besarnya.

Letak bangunan Masjid di : Süleymaniye Mah., Prof. Sıddık Sami Onar cad. No:1, 34116 Fatih/İstanbul, Turkey. Bagi para wisatawan dengan mudah menuju Masjid Raya Sulaimaniah ini, terlebih lagi Masjid Sulaimaniah ini juga sangat dikenal oleh penduduk setempat.

Lingkungan Masjid terdapat coffe /kantin yang dapat digunakan untuk minum teh turki dan mencicipi makanan ringan, dan juga tersedia aksesoris – aksesoris khas turki. Para wisatawan memasuki Masjid yang Megah ini melalui pintu gerbang yang indah serta taman depan Masjid yang luas. Untuk menuju Taman belakang dapat dilalui melalui jalan kecil yang terletak antara pinggir bangunan Masjid dan komplek Pemakaman Raja Sulaiman.

Taman bagian belakang Msjid dapat melihat kemewahan dan keindahan Arsitek bangunan Masjid yang tampak begitu kokoh. Selain itu di Taman belakang Masjid juga terlihat keindahan laut Bosphorus yang membelah dua benua, yaitu antara benua Asia dan benua Eropa.

Wisatawan dapat mengambil gambar dengan leluasa dengan hasil yang indah, baik yang tampak bangunan Masjid Raya Sulaimaniah maupun yang tampak lau Bosphorus.

Kembali meninjau bangunan Masjid Sulaimaniah, bahwa Masjid Sulaimaniah ini yang dirancang oleh seorang Arsitek terkenal yang bernama Mimar Sinan. Bahwa Masjid Sulaimaniah ini memiliki kubah dengan ukuran 26 meter dengan ketinggian 51,8 m.  Empat menara yang berukuran 72 m terdapat disebelah kirinya

Bersmabung …..