Halal Tour And Travel

Pesona keindahan dan sejarah Turki

Turki merupakan salah satu negara yang menarik untuk dikunungi wisatawan dunia dari Asia dan Eropa terlebih pada musim dingin di bulan Desember, Januari, Februari dan Maret pada setiap tahunnya. Wilayah negera Turki juga terkenal bersih dan nyaman, dimana negara kecil yang terlihat klasik dan rapi.

Turki sebagai negara yang terbelah didua benua yaitu benua Asia dan benua eropa, dimana akan sangat terasa ketika wisatawan berlayar di selat Bosphorus yang indah dan mempesona.

Bosporus merupakan sebuah Selat yang panjangnya lebih kurang 30 meter dengan lebar lebih kurang 3.700 meter dimana bagian utaranya 750 meter yang kedalamannya 36 – 124 meter yang menyatukan laut hitam  dan Laut Marmara dan membelah negara ini sehingga berada di dua benua yaitu bagian satu benua Asia dan bagian lainnya menjadi benua Eropa.

Pemisahan antara benua asia dan benua eropa juga dapat dilihat dari Masjid Sultan di Turki. Masjid  ini dinamakan dengan Ortaköy terletak di tepi alun-alun Dermaga Ortaköy, salah satu area paling populer di Bosphorus.

Dimana Masjid Ortaköy adalah simbol dari distrik Ortaköy, karena memiliki pemandangan khas Selat Bosphorus berikut Jembatan Bosphorus.

Masjid ini dapat dilihat dari Bosphorus Cruise, wisata pesiar yang mengantar penumpang berlayar di antara Asia dan Eropa.

Masjid Ortaköy terlihat sebagai masjid kecil yang dibangun pada tahun 1720 dan hancur dalam Pemberontakan Patrona Halil pada tahun 1731. Lalu kemudian disempurnakan kembali

Sultan Abdülmecid memerintahkan pembangunan masjid ini pada tahun 1854.

Arsiteknya masjid ini adalah ayah dan anak asal Armenia, Garabet Amira Balyan dan Nigoğayos Balyan (yang juga mendesain Istana Dolmabahçe dan Masjid Dolmabahçe), dalam gaya Neo-Baroque.

Bagi umat Islam Turki merupakan sejarah penting dalam peradaban Islam masa kemasa, dimana pada khilafah Turki Usmani Islam berkembang pesat ke seluruh penjuru Dunia walapun berakhir dengan peristiwa yang sangat disesalkan…….. bersambung

Informasi perjalanan ke Turki hub W.A : 087877917631

 

Spread the love